Hikmah

  • Pandanglah segala sesuatu dari kacamata orang lain. Apabila hal itu menyakitkan hatimu, sangat mungkin hal itu menyakitkan hati orang itu pula.
  • Orang-orang yang paling berbahagia tidak selalu memiliki hal-hal terbaik, mereka hanya berusaha menjadikan yang terbaik dari setiap hal yang hadir dalam hidupnya.
  • Kebahagiaan tersedia bagi mereka yang menangis, mereka yang disakiti hatinya, mereka yang mencari dan mereka yang mencoba. Karena hanya mereka itulah yang menghargai pentingnya orang-orang yang pernah hadir dalam hidup mereka.
  • Jangan pernah mengucapkan selamat tinggal jika kamu masih mau mencoba, jangan pernah menyerah jika kamu masih merasa sanggup jangan pernah mengatakan kamu tidak mencintainya lagi jika kamu masih tidak dapat melupakannya.
  • Hal yang menyedihkan dalam hidup adalah ketika kamu bertemu seseorang yang sangat berarti bagimu dan mendapati pada akhirnya bahwa tidak demikian adanya dan kamu harus melepaskannya.

Program Studi Tafsir Hadis

 

A. Seputar Program Studi

Program Studi Tafsir-Hadis bertujuan menghasilkan sarjana yang menguasai imu-ilmu al-Qur’an dan hadis, sehingga mampu memproduksi pemikiran-pemikiran baru yang berasal dari dua sumber pokok Islam tersebut. Penguasaan dan kemampuan interprestasi terhadap al-Qur’an dan Hadis akan lebih menjamin kesinambungan tradisi dan dinamika pemikiran intelektual dalm islam.



Mata Kuliah Keahlian yang diberikan dalam Program Studi ini meliputi: Ulumul Qur'an, Ulumul Hadits, Tafsir, Hadits, Metodologi Penelitian Tafsir/Hadis, Ilmu Akhlak, Aliran Kepercayaan, Orientalisme, Filsafat Ilmu, Mantiq/Logika, Filsafat Islam, Metode Tafsir, Membahas Kitab Tafsir, Takhrijul Hadits, Membahas Kitab Hadits, Ushul Fiqh, dan Tasawuf.

 

Jurusan/Program Studi Tafsir-Hadis, melalui kurikulum baru, menawarkan pendekatan semiotic, hermeneutik, sosiologis, antropologis, dan historis. Disamping pendekatan-pendekatan klasik yang sudah ada. Dengan pendekatan dan kajian tersebut,kajian tafsir dan hadis diharapkan mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi umat Islam, baik pada masa kini maupun pada masa depan. Gelar akademik lulusan Program Studi Tafsir-Hadis adalah Sarjana Theologi Islam (S.Th.I) dan prodi ini telah terakreditasi dengan nilai A paada tahun 2000 dan 2006.