Hikmah

  • Kebahagiaan tersedia bagi mereka yang menangis, mereka yang disakiti hatinya, mereka yang mencari dan mereka yang mencoba. Karena hanya mereka itulah yang menghargai pentingnya orang-orang yang pernah hadir dalam hidup mereka.
  • Hal yang menyedihkan dalam hidup adalah ketika kamu bertemu seseorang yang sangat berarti bagimu dan mendapati pada akhirnya bahwa tidak demikian adanya dan kamu harus melepaskannya.
  • Pandanglah segala sesuatu dari kacamata orang lain. Apabila hal itu menyakitkan hatimu, sangat mungkin hal itu menyakitkan hati orang itu pula.
  • Jangan pernah mengucapkan selamat tinggal jika kamu masih mau mencoba, jangan pernah menyerah jika kamu masih merasa sanggup jangan pernah mengatakan kamu tidak mencintainya lagi jika kamu masih tidak dapat melupakannya.
  • Orang-orang yang paling berbahagia tidak selalu memiliki hal-hal terbaik, mereka hanya berusaha menjadikan yang terbaik dari setiap hal yang hadir dalam hidupnya.

Program Studi Perbandingan Agama

 

A. Seputar Program Studi

Program Studi Perbandingan Agama ini bertujuan menghasilkan sarjana Muslim yang memiliki keahlian dalam bidang perbandingan agama, cakap dalam penelitian fenomena-fenomena keagamaan, mampu mengantisipasi dan memecahkan persoalan-persoalann yang dapat menimbulkan konflik antar umat beragama, serta mendorong lahirnya kehidupan yang damai dalam komunitas yang plural.


Mata Kuliah Keahlian yang diberikan dalam jurusan ini meliputi: Nushush Qur'aniyah, Filsafat Agama, Agama-agama Dunia, Hubungan antar Agama, Sosiologi Agama, Antropologi Agama, Psikologi Agama, Fenomenologi Agama, Metodologi Penelitian Perbandingan Agama, Ilmu Akhlak, Aliran Kepercayaan, Orientalisme, Filsafat Ilmu, Logika, Filsafat Islam, Islam di Indonesia, Agama Hindu, Agama Budha, Agama Yahudi, Agama Kristen.

Lulusan Program Studi Perbandingan Agama tersebar di berbagai provinsi di seluruh Indonesia. Mereka berkiprah di berbagai bidang pegawai negeri sipil, militer,politisi,peneliti,pengamat sosial-keagamaan jurnalis, aktivis LSM , juru dakwah, guru, dosen, dan konsultan. Lulusan PS-PA memiliki gelar akademik Sarjana Theologi Islam (S. Th.I), dan prodi ini telah terakreditasi (tahun 2000 dan 2006) dengan nilai A.